Sabtu, 02 Juni 2012

saling menghargai

MENEMPUH studi di luar negeri berarti kamu harus siap untuk beradaptasi dalam beberapa hal sekaligus. Tidak hanya dari segi bahasa dan budaya, kamu juga harus belajar menyesuaikan diri dengan pola hidup dan karakter teman-teman serumahmu.
Adaptasi inilah yang dialami Ika Merdekawati yang sedang menempuh studi di Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth ini, Ika menempati sebuah flat akomodasi dari kampus bersama enam orang dari berbagai negara. Meski berasal dari latar belakang bahasa dan budaya yang berbeda, Ika mengaku, tidak terlalu kesulitan beradaptasi dengan housematenya itu.
"Buatku sih enggak susah (beradaptasi). Tapi kadang-kadang harus lebih mencoba mengerti orang lain. Karena bagaimanapun kita memang enggak sama," kata Ika dalam Blackberry Messenger (BBM) kepada Okezone, Jumat (1/6/2012).
Mahasiswi Cross-Cultural Communication and Media Studies di Newcastle University ini berujar, selama saling mengerti dan menghargai, tidak akan ada masalah. "Aku enggak dekat dengan semua, tapi dengan mereka yang dari awal memang dekat, hubunganku baik dan ngeklik," imbuhnya. 
Cara Ika beradaptasi dengan housematenya mungkin berbeda dengan cara pelajar internasional lainnya. Tetapi, kamu pun tidak perlu kebingungan dan khawatir tidak akan "nyambung" dengan teman-teman serumahmu di negeri asing, USA College Today, Jumat (1/6/2012), punya tips yang bisa kamu terapkan.

Mencicipi makanan khas tiap-tiap negaraSesekali, coba deh pergi ke restoran bersama-sama dan mencicipi masakan khas tiap housemate atau roommatemu. Lakukan kegiatan ini rutin tiap akhir pekan sebagai sarana sosialisasi dan mengakrabkan diri satu sama lain.
Sambil makan, kalian bisa bergantian bercerita tentang makanan yang sedang kalian santap. Cara ini akan memperkaya khazanah kulinermu. Jangan takut  mencoba berbagai menu masakan yang ditawarkan si teman. "Di flat lain, temanku sering bikin acara barbekyu bareng teman-teman dari berbagai negara," Ika mengilustrasikan. 

Jadi turis sehari
Untuk seru-seruan, rencanakan sebuah perjalanan ke kota terdekat bersama-sama. Belilah peta dan ikuti tur murah meriah. Buka pikiranmu dan bersiaplah untuk mendapatkan banyak hal baru, dan mempelajari berbagai fakta sejarah yang belum kamu ketahui tentang  kota yang kamu kunjungi. Dengan begini, kamu dan housemate atau roommatemu tidak akan merasa menjadi satu-satunya turis di kelompok kalian.

Sadari perbedaan budaya
Ini memang tips klise, tapi kamu akan menemukan betapa nyatanya perbedaan budaya ketika tinggal bersama banyak orang dari berbagai negara. Tetap berpikiran terbuka ketika membicarakan berbagai perbedaan norma antara satu negara dengan negara lain, ya.
Ibarat mengajari bayi berbicara, kamu juga harus sabar menjelaskan berbagai hal sepele yang biasa kamu kerjakan sehari-hari kepada temanmu. Bisa jadi, rutinitas yang kamu bawa dari Tanah Air adalah sesuatu yang aneh bagi housematemu.

Buat playlist lagu Secara bergantian, pasanglah lagu-lagu favorit untuk tiap housemate. Pastikan kalian memasang lagu-lagu klasik dari tiap-tiap negara. Cara ini akan memberimu keragaman dalam preferensi musik sekaligus belajar tentang budaya masing-masing negara.

Nikmati malam maraton film Kamu bisa juga menggelar nonton bareng di flat atau asramamu. Putar film-film terkenal dari tiap negara. Kemudian, usai menonton film, kalian bisa berdiskusi soal film tersebut dan atau soal artis-artis terkenal dari tiap negara deh.

Belajar bahasa slang
Terkadang, kita memang lebih nyaman menggunakan beberapa istilah dalam bahasa ibu ketimbang bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar universal. Jika kamu kerap kali menggunakan istilah slang dari Tanah Air, tidak ada salahnya mengajari teman-temanmu beberapa kata atau frasa tersebut. Jangan lupa, minta juga temanmu mengajari hal serupa padamu.

Merayakan hari nasional bersama-sama
 Kita biasa menghadiri upacara bendera tiap hari kemerdekaan, 17 Agustus. Jika teman-temanmu bersedia, kita bisa juga memperingati HUT RI bersama-sama. Kemudian, lakukan juga hal yang sama untuk hari nasional dari negara teman-temanmu.

Menyaksikan pertandingan olahraga
Sepakbola dan tenis adalah olahraga yang cukup populer di berbagai negara. Tetapi, olahraga seperti kriket hanya populer di negara-negara tertentu. Jika ada kesempatan, kamu bisa menonton berbagai pertandingan olahraga yang hanya populer di negara tertentu. Kemudian, minta temanmu yang berasal dari negara tersebut untuk menjelaskan segala hal tentang olahraga itu. Jangan lupa sediakan camilan, ya.

Ekspresikan minat dan bertanyalah
Hubungan antarmanusia bukanlah jalan satu arah. Berusahalah untuk mempelajari dan mengerti budaya housemate atau roommatemu, termasuk berbagai isu yang sedang hangat di negara asal mereka. 
 Ingat saja, tinggal bersama para pelajar internasional menyediakan kesempatan unik bagimu untuk belajar tentang negara lain secara luas. Pengetahuan yang akan kamu dapatkan pun tidak terbatas yang disampaikan dosen di dalam kelas saja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Penanggung Jawab Miftah Budi Kurniawan | Supported by Cheat Game 4U